Transportasi Dari Cikarang Ke Dermaga Kamal Muara

Minggu 5 November 2017, adalah hari dimana saya melakukan perjalanan open trip 3 pulau dalam satu hari. Yaitu ke pulau Kelor (bukan daun yang buat kolor ijo itu ya), pulau Onrust, dan pulau Cipir (bukan, bukan yang dibawah hidung).

Saya sih ikutan travel yang banyak menyebar di internet dan media sosial. Namun saya pilih salah satu travel dari Facebook yang namanya "Mau Kemana Sih?", serius loh ini namanya, bukan lagi tanya, kalo ga percaya cari aja di facebook, kalo gak punya facebook, hellooooooo... Ya gak apa-apa sih cuma hello aja.

Harganya murah cuma 85.000 kebetulan masih kurs rupiah. Murah kan? mahalan mana sama kuota anda? oh iya itu tuh tiket termasuk sewa kapal (jangan harep kek Titanic) dan ya udah sih sewa kapal aja. Karena di 3 pulau nun jauh disana gapake beli tiket-tiketan masuk pulau (cem ragunan aja).

Oke yang menarik adalah saya dari Cikarang, dan meeting pointnya adalah di Dermaga Kamal Muara (jangan dibalik jadi Muara Kamal ya, gak akan ada tuh di gps)  pada jam 08.00 WIB pagi. 

Nah! apa ya transportasi dari cikarang menuju Dermaga Kamal Muara? Naik apa sih kalo dari Cikarang ke Dermaga Kamal Muara? pertanyaan ini bikin saya searching 1 jam buat cari tau. Tapi bersyukur deh kalian yang baca ini, nih saya kasih pilihannya. Saya memilih transportasi  KRL yang lagi happening di Cikarang gengs. Caranya ada 2:

1. Kamu bisa naik kereta paling pagi dari Stasiun Cikarang yaitu pada jam 04.40, tujuannya ke Stasiun JakartaKota atau bahasa hype nya Beos. Tapi saya ketinggalan kereta dan naik yang jam 05.05. Nah kalo dari jadwal sih kalian akan sampai jam 06.33, tapi tenang jadwalnya ngaret kok, gak lama sih.. saya sampai Stasiun Jakarta Kota jam 06.50. Dari Stasiun JakartaKota alias BEOS, kalian bisa naik grabbike, gojek, atau uber gengs dengan tujuan DERMAGA KAMAL MUARA, jangan salah ketik lagi yang gengs, capek saya ngetiknya. Kenapa musti ojek online? soalnya ga ada transportasi langsung dari Beos ke dermaganya, atauuu sayanya aja yang gak tau :( Oh iya, Kenapa nih musti ojek online? karena Dermaganya itu masuk pasar ikan yang jalanannya becek dan sempit dan gak memungkinkan dilalui mobil, ya jadi prefer kalian naik ojek online ya gengs. Sampai deh deh di dermaga, waktu perjalanannya selama 40 menit aja gengs. Dan biaya nya 37.000 rupiah (lumayan ya).



2. Kamu bisa naik kereta di Stasiun Cikarang yang paling pagi jam 04.40, nanti transit di Manggarai, setelah sampai di Stasiun Manggarai kalian naik kereta Commuterline Bogor-Jatinegara, Nanti kalian turun di stasiun Duri, jarak tunggu kereta nya sebentar kok gak sampai 15 menit. Nah dari Stasiun Duri kalian naik kereta lagi nih, yaitu Commuterline Duri-Tangerang (kebanyakan transitnya :( beteee), sekali lagi jarak tunggunya gak lama kok kalo gapercaya tanya aja babang satpamnya, nah nanti kalian turun di stasiun Rawa Buaya (bukan yang suka nipu cewe itu gengs). Nah! dari stasiun Rawa Buaya kalian naik ojek online ke Dermaga Kamal Muara deh. Biayanya sekitar 15.000, jadi lebih murah kan.

Terusssss Pulangnya Gimana?????
Ada gak yang bertanya-tanya ini? kalau gak ada tetep saya kasih tau kok :)

Kita harus tau dulu kapan jadwal kembali dari pulau menuju Dermaga tadi. Nah pengalaman saya kita kembali ke dermaga jam 18.30, ya tapi ngaret hahaha, jadi kita berangkat jam 18.50 menuju dermaga, dan sampai di dermaga jam 19. 30.

Dari sini kita kebingungan karena ojek online susah dicari, secara yang cari ratusan orang loh haha. Akhirnya kita memutuskan berjalan kaki dari dermaga ya rencananya sih sampai ketemu angkot nun jauh disana. TAPIII disinilah rejeki anak sholeh bekerja, sesampainya di dermaga dan berjalan ke arah gerbang ternyata banyak dong angkot yang ngetem dengan tujuan ke Stasiun JakartaKota. Hal ini jarang terjadi, hanya ada saat musim liburan aja gengs. Semoga kalian beruntung seperti saya ya. 

Nah saya berpikir kereta paling malam menuju Cikarang masih ada gak ya? ternyata kereta paling malam menuju Cikarang cuma sampe jam 20.12, sedihnya karena saat angkotnya jalan, waktu sudah menunjukan pukul 19.30. Akhirnya saya memutuskan naik commuterline jurusan ke Bekasi, karena saya sampai di stasiun jakartakota jam 20.30. Sesampainya di stasiun Bekasi sekitar jam 22.00, dari situ saya naik grab car sampai Cikarang. Tapi kalau transportasi umum seperti ELEP tujuan terminal Cikarang masih ada kok gengs.


Sekian informasinya, semoga bermanfaat. Oh iya gengs aku mau kasih tips nih. sebaiknya kalau kalian mau ikut trip 3 pulau ini bawa makanan dari rumah aja ya gengs, atau ikut beli paket makanan yang disediakan oleh travel. Karena beli di pulau nya lumayan mahal, adapun warung nasi pasti cuma ada 2 saja dalam satu pulau, itupun adanya hanya di pulau onrust dan cipir, dan alternatif lain kalau gak mau makan nasi yang dijual di warung ya beli pop mie, atau mi rebus, tapiiiiii harus siap antri lama banget ya gengs.

Selamat Berlibur!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    (Pulau Kelor)

Komentar

  1. itu pas turun distasiun duri jam brp

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku gak turun di stasiun duri, aku turun di stasiun kota

      Hapus
  2. Mau tanya perjalann di kapalnya aman gak? Soalnya takut kebetulan ini desember lagi

    BalasHapus
  3. Go car atau grab car gabisa ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Contoh Advertorial

Efektif Listening (Menyimak Efektif)