Arti Sederhana Komunikasi

Komunikasi? Secara awam mungkin kita mengetahui bahwa Komunikasi itu berbicara, mengutarakan kata atau orang yang pandai berbicara. Berikut mungkin hal-hal umum yang langsung kita bayangkan jika ditanya apa itu komunikasi. Saya pun merasakan hal yang sama ketika masih duduk di bangku SMA dulu.

Banyak hal yang tidak selalu bisa kita ungkapkan melalui kata-kata, ketika berbicara sangking senang ataupun sedihnya kadang kita hanya bisa mengekspresikannya dengan berteriak kegirangan atau menangis, disanalah bahasa tubuh yang berbicara. Kita bisa mengerti apa yang sedang dirasakan seseorang dengan melihatnya saja, dan secara sadar atau tidak seseorang dapat memberitahukan berbagai keadaan yang dialaminya hanya dengan ekspresi. Jadi secara sederhana kita mampu menangkap informasi tidak hanya dengan mendengar tapi juga melihat. 



Nah, saya ingin memberitahu sedikit penjelas tentang komunikasi. Definisi dari komunikasi adalah penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Umumnya, komunikasi dilakukan secara verbal(lisan) atau non verbal, misal dengan tersenyum, menggelengkan kepala dan bahasa tubuh lainnya.



cukup jelas dari pembahasan sederhana ini bahwa komunikasi itu bukan saja mengutarakan kata atau pandai berbicara saja. Banyak hal menarik lainnya juga yang saya dapat semenjak menjadi mahasiswi Ilmu Komunikasi di President University. Salah satunya adalah mempelajari periklanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Contoh Advertorial

Transportasi Dari Cikarang Ke Dermaga Kamal Muara

Efektif Listening (Menyimak Efektif)