Efektif Listening (Menyimak Efektif)

Kali ini saya akan membahas sedikit materi yang saya dapat dari mata kuliah pengantar Ilmu Komunikasi. Salah satu yang akan kita pelajari dari mata kuliah ini yaitu tentang efektif listening atau menyimak efektif.

Apa sih efektif listening?
Komunikasi berjalan berhasil apabila komunikasi yang dilakukan pembicara dan pendengar mempunyai pengertian yang sama. Menyimak secara efektif membutuhkan konsentrasi, pengalaman dan keterampilan. Jadi, menyimak efektif adalah memahami pesan yang disampaikan oleh lawan komunikasinya. Tujuan dari efektif listening adalah membantu orang yang sedang dalam kesulitan untuk menemukan solusi.


Proses mendengarkan efektif:
  1. Mendengarkan, menangkap dan memperhatikan informasi  dengan baik dengan cara memusatkan perhatian pada pembicara.
  2. Pemahaman, yaitu proses penerimaan arti kata-kata yang disampaikan agar pendengar memiliki pengertian yang sama dengan pembicara.
  3. Mengingat, setelah memahami informasi yang disampaikan kemudian melakukan pengujian kemampuan berapa besar informasi tersebut dapat disimpan dan dicatat ke dalam suatu memori. Agar informasi dapat disimpan dalam jangka waktu lama, pendengar perlu melakukan konsentrasi penuh terhadap pesan yang dibicarakan.
  4. Menafsirkan, setelah memahami isi informasi seseorang dapat menyampaikan informasi tersebut secara tepat.
  5. Mengevaluasi, setelah melakukan penafsiran, seorang pendengar dapat menilai informasi yang diungkapkan pembicara, membedakan fakta dan opini serta mengevaluasi bukti yang dikemukakan pembicara. Apabila pembicaraan tidak sesuai dengan penafsiran pendengar, hal ini akan menimbulkan tanggapan kepada pembicara.

 
Berikut sedikit yang saya ketahui tentang efektif listening dari mata kuliah introduction to communication atau pengantar ilmu komunikasi di President University.


 sumber: Pak Dindin, dosen komunikasi President University dan tambahan dari https://riswantohidayat.wordpress.com./komunikasi/komunikasi-verbal/mendengarkan-efektif/ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Contoh Advertorial

Transportasi Dari Cikarang Ke Dermaga Kamal Muara