Pengertian dan Contoh Advertorial

Hmm beberapa bulan yang lalu salah satu dosen tercinta kami memberikan tugas untuk membuat advertorial, si bapak menjelaskan jika advertorial itu sebenarnya adalah iklan berupa tulisan, yang seolah-olah artikel atau opini. Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam pembuatan advertorial adalah mengutamakan isu dari produk atau jasa, dan dalam penulisannya jangan langsung menyebutkan merk.

Pengertian Advertorial?
Advertorial adalah bentuk periklanan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik. Advertorial berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris Advertising dan Editorial. Periklanan (advertising) adalah penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa. Editorial adalah pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari redaksi.

Jenis dan contoh Advertorial: 
1. Advertorial produk. Dalam penulisannya, membahas mengenai produk-produk apa saja yang ingin disajikan ke masyarakat.


 2. Advertorial jasa. Dalam penulisannya, menyajikan jasa yang ditawarkan pada khalayak. 


 3. Advertorial korporat (perusahaan). Dalam penulisannya, membahas mengenai keberadaan dan kegiatan suatu perusahaan atau instansi yang bersangkutan.



4. Advertorial pemerintahan. Dalam penulisannya, membahas mengenai kegiatan di bidang pemerintahan atau potensi suatu daerah.


Tujuan dan Fungsi:  

Advertorial merupakan salah satu bentuk periklanan yang ada di media massa dengan menggunakan gaya bahasa jurnalistik. Tujuan utama dari advertorial adalah untuk memperkenalkan serta mempromosikan kegiatan, produk, atau jasa dari suatu perusahaan kepada khalayaknya. Tujuan lain dari advertorial adalah untuk memberikan citra yang baik kepada perusahaan itu sendiri. Fungsi utama dari advertorial adalah untuk pendamping, penerjemah, sekaligus penafsir iklan yang terdapat di media massa.

Semoga bermanfaat, mohon kritik dan sarannya. Terima kasih.

 

 

sumber: Dosen Ilmu Komunikasi President University , dan https://id.wikipedia.org/wiki/Advertorial

Komentar

  1. luar biasa.. jelas sekali penjelasan beserta contohnya. terimakasih bnyk

    BalasHapus
  2. Terimakasih , bermanfaat :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terima kasih sangat membantu kebetulan saya mendapatkan tawaran advetorial di blog saya blogger semarang , namun masih binggung di terima atau tidak karena jujur saya baru didunia tulis menulis. Dan itupun asal"an sesuai dengan gaya bahasa saya.

    BalasHapus
  5. keren bangeeeet. penjelasan nya langsung ke intinya trus ada contoh nya lagi. semangat terus yaa

    BalasHapus
  6. Halo, terima kasih artikelnya yaa sangat membantu

    BalasHapus
  7. Terimakasih : https://www.publikasimedia.com/mengenal-iklan-advertorial/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transportasi Dari Cikarang Ke Dermaga Kamal Muara

Efektif Listening (Menyimak Efektif)